Home > KEPEMIMPINAN/LEADERSHIP > ANDREW KING ON LEADERSHIP

ANDREW KING ON LEADERSHIP

Leader Transformation

Segala sesuatu jatuh dan bangun karena kepemimpinan ( John Maxwell)

Kepemimpinan sangatlah diperlukan dalam segala hal, dalam segala bidang kehidupan. Kepemimpinan bukanlah sebagai alat yang dapat mengontrol segala sesuatu untuk kepentingan pribadi sementara mengorbankan organisasi atau kepentingan para pengikut. Kepemimpinan diperlukan untuk dapat mengarahkan arah organisasi dan memetakannya sesuai dengan visi yang telah dilahirkan, dengan meningkatkan sumber-sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Karena demikian pentingnya kepemimpinan, maka sangatlah diperlukan adanya transformasi dari diri seorang pemimpin. Kepemimpinan itu dapat dipelajari. Kepemimpinan bukanlah sesuatu yang langsung jadi. Diperlukan adanya proses pembelajaran yang panjang untuk dapat menjadi seorang pemimpin dan menjalankan kepemimpinan yang ideal.

Dalam pembelajaran tersebut seorang pemimpin (calon pemimpin) memerlukan transformasi, terutama transformasi dari dalam (inside transformation) untuk dapat mengemban dan menjalankan roda kepemimpinan. Mereka yang gagal melakukan transformasi mereka akan gagal juga dalam kepemimpinan. Mereka yang tidak bersedia membayar harga bagi sebuah transformasi sesungguhnya mereka tidak siap di level kepemimpinan dan tak akan pernah dapat menjalankan kepemimpinan yang baik.

Transformasi pribadi, terutama transformasi dari dalam,  merupakan nutrisi yang sangat diperlukan dan sangat vital bagi seorang pemimpin. Hal ini berbicara tentang transformasi sikap (attitude), pikiran (mind), paradigma,sudut pandang,sikap hati,mental, dan bahkan transformasi rohani atau spiritual.

Ketika hendak menduduki posisi dalam kepemimpinan maka beberapa hal haruslah mulai berubah untuk dapat menyesuaikan dengan level atau jenjang yang lebih tinggi. Tidaklah mungkin bisa menjalankan kepemimpinan dengan baik  jika seorang pemimpin memiliki nilai-nilai (value) yang jauh lebih rendah dengan para pengikutnya. Level kepemimpinan memerlukan nilai-nilai pribadi yang sepadan dengan level tersebut, jika kurang dari itu maka seseorang belumlah siap dalam posisi kepemimpinan.

Transformasi seorang pemimpin bertujuan untuk dapat meningkatkan nilai diri dan menyelaraskan dengan kenaikan level yang hendak atau sedang dijalaninya. Pemimpin yang memiliki sikap-sikap (attitude) negatif akan sangat merusak para pengikutnya dan organisasi yang dipimpinnya. Oleh karena itu seorang pemimpin haruslah bersedia untuk bertransformasi dalam sikap-sikapnya selain juga dalam banyak hal lainnya. Justru dalam masa-masa transformasi inilah seorang (calon) pemimpin sedang diperlengkapi dan dibentuk menjadi pemimpin yang luar biasa.

Keberhasilan sebuah organisasi sangatlah ditentukan oleh kepemimpinan, keberhasilan kepemimpinan sangatlah ditentukan oleh transformasi-transformasi yang dialami oleh sang pemimpin. Transformasi pemimpin selain memberikan nilai (value)  tambah juga akan memberikan pertumbuhan dan kemajuan bagi sang pemimpin itu sendiri. Semakin bertumbuh sang pemimpin maka semakin bertumbuh juga organisasi dan para pengikutnya.

Setiap pemimpin memerlukan transformasi demi kemajuan dan pertumbuhan organisasi. Pemimpin yang sudah berhenti belajar dan bertumbuh adalah pemimpin yang akan mematikan organisasi dan sumber daya para pengikutnya. Deengan kata lain pemimpin yang tidak bersedia untuk terus bertransformasi sama artinya dengan berhenti untuk bertumbuh dan belajar, cepat atau lambat akan menghancurkan organisasi dan para pengikutnya.

Dunia memerlukan kepemimpinan. Segala hal memerlukan kepemimpinan. Dan kepemimpinan memerlukan transformasi dari seorang pemimpin.

Bersiaplah untuk naik ke level yang lebih tinggi!

– Andrew King –

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: