Home > SPIRITUAL > ANDREW KING ON SPIRITUALITY

ANDREW KING ON SPIRITUALITY

PENTINGNYA SPIRITUALITAS

Spiritualitas di era global-digital seringkali tidak mendapatkan tempat bahkan prioritas dalam individu atau kelompok masyarakat tertentu. Ragam budaya metropolis-konsumeristis yang terbingkai dengan hidup hedonis telah sekian lama menyingkirkan spiritualitas manusia; tak heran sekarang lebih banyak generasi yang bertumbuh nyaris tanpa moral.

Permisive society dengan segala macam alasan yang mengatasnamakan humanisme mulai merenggut segala kaidah, nilai, dan norma-norma yang telah lama diyakini dan dijalani sebagai kekuatan spiritual di masyarakat timur seperti Indonesia. Spiritualitas hanyalah dianggap sebagai produk jaman kuno, yang tak bisa menjawab setiap kebutuhan, tantangan, dan perkembangan jaman. Jika hal ini terus-menerus dibiarkan cepat atau lambat generasi-generasi berikutnya dari bangsa ini akan terlahap oleh sistem global-non spiritual. Manifestasinya jelas, sekularisme dan materialisme yang bahkan telah memasuki lorong-lorong budaya tradisional di masyarakat kota dan desa. Pagar spiritual yang melahirkan norma-norma, nilai-nilai moral berbudi luhur terkikis oleh rayap tatanan dunia global dengan segala ikon-ikon post modernismenya yang menjadi monumen-monumen kejayaan kehidupan tanpa moral.

Bukan berarti segala bentuk manifestasi dari kehidupan moderen itu merupakan perwujudan budaya tanpa moral yang tidak boleh disentuh dan dimanfaatkan,namun yang perlu disoroti adalah nilai-nilai yang terus berkembang di era post moderen yang cenderung menihilkan spiritualitas. Di sinilah diperlukan keseimbangan dan kecerdasan dalam bersikap.
Bagaimana tetap menjadi bangsa yang maju-berkembang-terbuka-inovatif, namun tetap memegang teguh nilai-nilai spiritual yang melahirkan norma-norma moral yang kokoh adalah pekerjaan rumah kita bersama. Kreativitas yang bergandengan tangan dengan integritas. Berfikir kerangka global, namun berpegang pada nilai-nilai moral. Penuh dengan inovasi-inovasi namun juga disertai dengan devosi.

Suara spiritualitas harus kuat digemakan di setiap lini kehidupan jika kita ingin menyelamatkan generasi kita dan generasi-generasi berikutnya dari datangnya gelombang peradaban berikutnya yang lebih maju namun tak menutup kemungkinan akan disertai dengan segala bentuk manifestasi nihil spiritualitas.

Selamatkan generasi kita dengan menanamkan nilai-nilai spiritual di tengah-tengah serbuan dan kepungan kehidupan hedonis-materialistis. Kuatkan generasi kita dengan pengajaran-pengajaran yang kaya nilai moral dari pemahaman yang solid tentang kekuatan nilai spiritual.

Pekerjaan rumah masih banyak dan perlu segera diseleseikan.

-Andrew King-

Categories: SPIRITUAL
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: