Home > ENCOURAGEMENT, MOTIVASI, SPIRITUAL > DESIGN OF GLORY -membangun keyakinan bagi hidup yang mulia dan indah

DESIGN OF GLORY -membangun keyakinan bagi hidup yang mulia dan indah

Defeat may serve as well as victory to shake the soul & let the glory out. -Sam Ervin Jr

Banyak orang ingin mencapai apa yang selama ini diimpikan dan berhenti di tengah jalan ketika mengetahui bahwa pada akhirnya apa yang mereka impikan itu tidak pernah dapat terwujud menjadi kenyataan. Mereka kelelahan dan mulai berfikir bahwa hidup mereka telah tertakdirkan untuk tidak mencapai apa yang mereka impikan. Mereka mulai menyerah dan perlahan-lahan mulai melepaskan apa yang mereka impikan tersebut. Keyakinan mereka mulai goyah, fokus mereka mulai menyimpang, energi mereka mulai habis bahkan untuk bertahan sekalipun telah mencapai titik nadir dalam hidup mereka.

Keyakinan kita sering kali mulai goyah ketika impian-impian tidak mencapai kenyataan. Keyakinan kita mulai pudar ketika kita menyadari bahwa impian-impian kita tersebut ternyata serasa jauh dari apa yang selama ini kita bayangkan, begitu mahal harga yang harus kita bayarkan untuk menjadikan kenyataan setiap impian. Keyakinan yang selama ini membawa kita berani melangkah demi mewujudkan impian mulai lemah dan sebagai gantinya keyakinan-keyakina negatif yang menyabotase diri mulai mendominansi.

Tulisan berikut ini akan mengupas secara singkat dan sederhana bagaimana kita perlu membangkitkan kembali keyakinan-keyakinan yang postif  terutama keyakinan tentang mulianya hidup yang sebenarnya menjadi hak kita yang juga akan mendorong kita mencapai apa yang kita impikan. Doa saya tulisan ini akan demikian memotivasi dan menginspirasi Anda untuk membangun kembali keyakinan-keyakinan positif  bahwa hidup Anda adalah sangat berharga dan mulia dan telah mendapat persetujuan Sorga untuk dapat mewujudnyatakan apa yang telah Sang Maha Mulia rancangkan bagi hidup yang lebih indah dan mulia dan mencapai apa yang diimpikan.

Anda adalah rancangan mulia dari Sang Maha Mulia.

Rancangan Yang Mulia

Apapun yang kita lakukan sebenarnya lahir dan diperkuat dari apapun yang kita yakini. Keyakinan-keyakinan kita sangat menentukan apapun yang kita lakukan dan pikirkan, sangat menentukan hasil-hasil akhirnya. Sebenarnya kita merupakan pribadi-pribadi yang lahir dari rancangan-rancangan yang mulia dari Sang Maha Mulia. Ketika kita berkeyakinan bahwa kita merupakan rancangan-rancangan yang mulia dari Sang Maha Mulia maka kita akan berjalan sesuai dengan keyakinan kita tersebut. Ketika kita tetap konsisten dengan keyakina itu maka dapat dipastikan bahwa hidup kita akan merefleksikan rancangan yang mulia dari Sang Maha Mulia tersebut.

Apapun yang kita alami, yang kita hadapi,  kita adalah pribadi-pribadi yang telah dirancang untuk kemuliaan. Apapun keadaan kita di masa lalu, masa sekarang, kita adalah pribadi-pribadi yang telah didisain untuk kemuliaan hidup. Sorga telah memiliki rancangan yang demikian mulia dan indah bagi kehidupan kita. Yang diperlukan pertama-tama adalah keyakinan yang kokoh akan hal ini. Sekali lagi keyakinan-keyakinan kita sangat menentukan seluruh perjalanan hidup kita. Keyakinan kita tentang mulianya hidup dari rancangan Sang Maha Mulia sangat menentukan keindahan seluruh perjalanan hidup kita. Jadi jika Sorga telah merancang kita demikian mulia dan indah –apapun kondisi kita-maka seharusnyalah kita meyakini dan hidup dalam keyakinan tersebut.

Keadaan-keadaan yang kita alami setiap harinya yang sepertinya jauh dari hidup yang mulia dan indah memang  jika tidak disikapi dengan benar dan bijak maka akan membawa kita justru pada kehidupan yang penuh kekalahan dan jauh dari apa yang mulia. Kekalahan-kekalahan dalam hidup sebenarnya dapat kita jadikan sebagai alat untuk menempa kita dan menjadikan kita semakin matang terbentuk bagi hidup yang indah dan mulia. Sang Maha Mulia memang telah mendisain (merancang) kita bagi suatu hidup yang indah dan mulia namun tidak semata-mata semua itu dapat kita capai tanpa rintangan-hambatan-masalah, bahkan kalau perlu memang harus mencapai titik kekalahan terlebih dahulu. Sekali lagi hal ini memang harus kita alami bukan untuk menghancurkan keyakinan kita bahwa kita telah dirancang untuk suatu yang mulia, namun semuanya itu diijinkan terjadi oleh Sang maha Mulia untuk dapat menempa kita dan menanamkan nilai-nilai dan kualitas-kualitas kemuliaan yang akan memantaskan kita menjadi dan mencapai hidup yang indah dan mulia sesuai dengan rancangan hati-Nya.

Kualitas-Kualitas Kemuliaan

Untuk mencapai hidup yang indah dan mulia sesuai dengan rancangan Sang Maha Mulia maka kita perlu mengembangkan kualitas-kualitas kemuliaan atau nilai-nilai kemuliaan. Segala kebajikan dan yang membaikkan diri kita dan sesama serta semesta merupakan kualitas-kualitas kemuliaan yang jika kita kembangkan dan matangkan akan memantaskan/melayakkan kita untuk mencapai hidup yang indah dan mulia. Hanya mereka yang rela untuk memantaskan diri dengan kualitas-kualitas kemuliaan-lah yang akan mencapai hidup yang mulia.

Keindahan dan kemuliaan hidup kita tidaklah terletak dari banyaknya harta dan pencapaian yang ada namun terletak pada sedalam apa kita hidup dalam kualitas-kualitas kemuliaan. Mereka yang dalam hidupnya merelakan diri atau mengiklaskan diri hidup di kedalaman kualitas-kualitas kemuliaan mereka pasti akan menikmati mulianya hidup bahkan ketika hal-hal negatif terjadi.

Seperti telah dipaparkan sebelumnya, kualitas-kualitas kemuliaan dapat menjadi matang dan dalam ketika kita mengijinkan kehidupan menempa kita dengan ragam masalah dan hambatannya. Kualitas-kualitas kemuliaan tersebut akan menjadi semakin matang terukir dalam diri kita ketika kita menyikapi setiap keadaan yang negatif dengan sikap-sikap yang bijak dan benar. Kualitas kemuliaan inilah yang akan menjadi penopang kita untuk mencapai hidup yang mulia dan indah.

Hidup Dalam Kemuliaan

Tidak ada yang mustahil bagi kita jika kita percaya dan yakin bahwa kita merupakan rancangan mulia dari Sang Maha Mulia. Jika kita adalah rancangan-rancangan-Nya yang mulia hal ini berarti bahwa Ia telah memiliki agenda khusus bagi hidup kita. Ia memiliki tujuan-tujuan yang mulia yang bahkan kita sendiri pastilah tidak bisa membayangkannya. Apa yang telinga kita belum pernah dengar, apa yang belum pernah kita pikirkan dan yang belum pernah timbul dari dalam hati kita telah Sang Maha Mulia sediakan bagi kita untuk suatu hidup yang mulia dan indah, asal saja kita percaya dan hidup dalam kualitas-kualaitas kemuliaan. Keindahan hidup kita demikian luar biasa karena telah dirancang oleh Sang Maha Mulia sendiri.

Setiap rajutan yang Ia lakukan entah dalam saat-saat bahagianya kita atau di saat-saat kelamnya hari-hari kita pastilah pada akhirnya akan menjadikan hidup kita indah-mulia yang bahkan kita sendiri tidak bisa membayangkannya. Di saat-saat tersulit dalam hidup kita Tuhan Sang Maha Mulia sebenarnya sedang merajut hal-hal yang pada akhirnya hanyalah untuk kebaikan kita. Setiap air mata yang bergulir yang membasahi pipi dan hari-hari kita pastilah Ia rajut demi mulianya hidup kita. Setiap kepedihan dan kekecewaan Ia rajut untuk menanamkan nilai-nilai yang mulia supaya hidup kita indah dan bersinar. Rancangan hati-Nya demikian indah dan mulia bagi perjalanan hidup kita.

Mengobarkan Kembali  Impian

Betapa memang Sang Maha Mulia telah demikian indah merancang hidup kita bahkan ketika di setiap kekalahan dan pedihnya hidup kita, Ia bisa gunakan semua itu untuk kebaikan dan kemuliaan hidup kita. Impian-impian kita yang selama ini kandas di tengah jalan-pun akan dapat Ia bangkitkan kembali berkobar dalam diri kita ketika kita bersedia meyakini sepenuhnya bahwa hidup kita memang telah dirancang untuk keindahan dan kemuliaan.

Kandasnya impian-impian kita dapat dibangkitkan kembali manakala kita benar-benar  yakin bahwa kita tercipta untuk kemuliaan dan keindahan. Kita telah mendapat  persetujuan Sorga untuk kembali mengobarkan impian-impian kita. Sesulit apapun impian yang kita miliki untuk mewujudkannya jika kita percaya bahwa Sorga dalam rancangan-Nya turut bekerja dalam segala hal demi kebaikan kita maka pastilah pada akhirnya nanti aka nada titik pertemuan antara impian-impian dan kenyataan-kenyataan. Sekali lagi yang diperlukan di sini adalah keyakinan. Keyakinan yang kokoh bahwa Sorga memberi limpahan anugerah-Nya supaya impian-impian kita dapat berkobar kembali.

Bangkitkan kembali diri Anda dalam kobaran impian Anda. Semuanya belumlah berakhir. Semuanya masih ada kesempatan. Mulia dan indahnya hidup Anda akan semakin nyata ketika Anda merelakan diri untuk mempercayai dan meyakini segala kebenaran ini yang menyatakan bahwa Anda merupakan pribadi-pribadi yang mulia dari rancangan Sang Maha Mulia.

Tetaplah percaya!

Rancangan indahNya yang demikian mulia adalah untuk kebaikan dan keindahan Anda.

Anda adalah rancangan yang mulia dari Sang Maha Mulia- Andrew King

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: