Home > Tak Berkategori > PERAN PENDIDIK DI TENGAH CANGGIHNYA MEDIA PEMBELAJARAN

PERAN PENDIDIK DI TENGAH CANGGIHNYA MEDIA PEMBELAJARAN

PERAN PENDIDIK DI TENGAH CANGGIHNYA MEDIA PEMBELAJARAN
oleh: Andrew King II

Pendahuluan

Para peserta didik dalam generasi sekarang sebagian besar adalah para peserta didik yang bertumbuh dan belajar di tengah-tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Generasi yang ada sekarang ini dapat disebut juga sebagai generasi digital. Para peserta didik yang ada sekarang ini sebagian besar ada di tengah-tengah canggihnya tehnologi digital. Kecanggihan dan evolusi yang demikian pesat pada tehnologi jelas mempengaruhi semua bidang kehidupan dengan semua dampaknya baik positif maupun negatif. Bidang pendidikanpun jelas terkena dampak pesatnya evolusi tehnologi dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia pendidikan di tengah pesatnya evolusi tehnologi digital ini mengalami perubahan-perubahan dan juga tantangan-tantangan. Di satu sisi pemanfaatan canggihnya tehnologi bagi proses pembelajaran dapat memberikan kontribusi yang signifikan (konstruktif) bagi kemajuan pendidikan, namun di sisi lain justru bersifat destruktif. Ketiadaan pendampingan bagi peserta didik dalam pemanfaatan canggihnya tehnologi untuk proses pembelajaran dapat menghancurkan baik proses pembelajaran itu sendiri, peserta didik, dan juga tujuan pembelajaran. Namun sifat destruktif ini juga bisa diakibatkan oleh tidak akuratnya pemanfataan canggihnya media pembelajaran walaupun ada peranan pendidik di dalamnya, hal ini dikarenakan sang pendidik tidak bisa memahami perannya dalam perpaduan (integrasi) antara dirinya dan media pembelajaran yang ada. Adalah merupakan hal yang tidak bijaksana jika pesatnya evolusi tehnologi tidaklah dimanfaatkan semaksimal dan seakurat mungkin dalam dunia pendidikan atau dalam proses pembelajaran.
Makalah singkat ini akan mengupas tentang peranan pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran, hal tersebut meliputi pentingnya peranan pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran, bagaimana memanfaatkan canggihnya media pembelajaran, dan mengkombinasikan antara media pembelajaran dengan seorang pendidik.

A. Masih Perlunya Peran Seorang Pendidik di Tengah Canggihnya Media Pembelajaran

Dengan pesatnya evolusi tehnologi di era digital dewasa ini tentunya akan merubah beberapa tatanan, baik tatanan sosial-kemasyarakatan maupun tatanan yang lain termasuk bidang pendidikan. Canggihnya tehnologi menyediakan hal positif dan negatif dalam segala hal. Canggihnya tehnologi juga akan menyediakan media pembelajaran semakin baik dan menunjang tujuan pembelajaran. Namun perlu diperhatikan bahwa canggihnya media pembelajaran tidak serta merta membawa pada kemajuan pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Canggihnya media pembelajaran hanya merupakan instrument bagi tercapainya tujuan dan kemajuan pembelajaran jika dimanfaatkan secara maksimal dan akurat. Dengan demikian di tengah canggihnya media pembelajaran masih diperlukan peran pendidik.
Canggihnya media pembelajaran dalam segala variasinya memang menyediakan bahan ajar dan peraga yang membuat pembelajaran menjadi efektif dan efisien, namun demikian jika tanpa adanya peranan pendidik maka media pembelajaran secanggih apapun tidak akan menunjang kemajuan pembelajarran dan pencapaian tujuan pembelajaran secara akurat.
Ambil contoh sederhana, adanya tehnologi internet dewasa ini tidak dapat dipungkiri akan menyediakan banyak bahan ajar dan referensi yang diperlukan untuk sebuah proses pembelajaran. Seorang peserta didik dapat dengan mudah mengakses bahan-bahan ajar yang tersedia, bisa membaca, menganalisa, dan mengolah data yang ada untuk pembelajaran, namun jika tidak ada pendampingan seorang pendidik, maka jelas tidak akan dapat mencapai tujuan pembelajaran dan kemajuan yang proporsional dan akurat. Bisa saja peserta didik mendapat peningkatan informasi pengetahuan dari apa yang didapat di intrnet, menjadi lebih berwawasan luas, secara kognitif meningkat, namun belum tentu akan dapat mencapai kemajuan dalam sisi psikomotorik, afektif (sikap/attiude dalam proses pembelajaran).
Pembelajaran harus bersifat holistik atau integratif artinya tidak hanya menyentuh sisi kognitif (akademik) namun juga harus menyentuh dan meningkatkan ranah emosi, spiritual, motivasi, dan lain sebagainya. Kemajuan pembelajaran tidak serta merta terukur dari meningkatnya nilai-nilai akademik, namun banyak ranah yang lainnya yang harus meningkat seiring peningkatan secara kognitif. Dari sisi inilah maka masih sangat diperlukan peranan seorang pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran di era digital ini.
Secara singkat perlunya peranan pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran adalah:
1) pendidik berperan dalam mendampingi dan mendidik peserta didik hingga menyentuh kemajuan ranah kecerdasan emosi (EQ) selain ranah kecerdasan Intelektual (IQ).
2) pendidik berperan dalam mendampingi dan mendidik peserta didik hingga menyentuh kemajuan ranah kecerdasan spiritual (SQ).
3) pendidik berperan dalam mendampingi dan mendidik peserta didik hingga menyentuh kemajuan ranah kecerdasan mengatasi hambatan (AQ).
4) pendidik berperan dalam memberikan motivasi secara kontinyu pada peserta didik dan dukugan moral yang diperlukan.
5) pendidik berperan dalam memberikan keterhubungan sosial yang diperlukan antara dirinya dan peserta didik karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.
6) pendidik berperan dalam memberikan pengawasan dalam pembelajaran untuk memantau baik proses pembelajaran maupun tingkat kemajuan yang dicapai.
7) pendidik berperan dalam memberikan pendisiplinan dan penghargaan (reward) bagi peserta didik dalam rangka pencapaian kemajuan dan tujuan pembelajaran.
8) pendidik berperan dalam memberikan arahan-arahan yang diperlukan dalam pencapaian kemajuan dan tujuan pembelajaran.
9) pendidik berperan memberikan indikator-indikator yang diperlukan bagi para peserta didik.
10) pendidik berperan dalam memberikan peta harapan dan masa depan bagi peserta didik.
11) pendidik berperan dalam memberikan masukan-masukan yang diperlukan yang bersifat aplikatif dari apa yang dipelajari peserta didik.
12) pendidik berperan dalam mengintegrasikan apa yang sedang dipelajari peserta didik dengan dunia kehidupan seputar diri peserta didik sehingga pada akhirnya apa yang dipelajari dapat diintegrasikan dengan kehidupan lingkungan sekitar, ada sumbang sih yang positif dari apa yang dipelajari kepada lingkungan kehidupan sekitar peserta didik.
Dari pemaparan sigkat di atas dapat dilihat dengan jelas bahwa meskipun dunia pendidikan secara signifikan terdukung dengan pesatnya evolusi tehnologi namun demikian tidaklah serta merta dapat secara otomatis mencapai kemajuan dan tujuan pembelajaran jika tidak ada pendampingan pendidik. Dengan segala kelebihan dan dampak positifnya dari evolusi tehnologi yang menambah kemajuan canggihnya media pembelajaran tetaplah masih diperlukan peranan seorang pendidik bagi peserta didik demi tercapainya kemajuan dan tujuan pembelajaran.

B. Pemanfaatan Canggihnya Media Pembelajaran.

Di atas telah dipaparkan 12 peranan pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran. Hal tersebut nenunjukkan bahwa secanggih apapun media pembelajaran yang tersedia bagi proses belajar mengajar, namun jika tidak didampingi oleh pendidik maka tidak akan secara signifikan mencapai kemajuan dan tujuan pendidikan. Oleh karena itu adalah sangat penting adanya pendampingan oleh sang pendidik dalam pembelajaran di tengah canggihnya media pembelajaran yang ada. Peranan pendidik masih sangat diperlukan.
Mengingat masih sangat diperlukannya seorang pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran yang ada, maka hal ini mengarah pada hal pemanfaatan media pembelajaran terutama oleh pendidik dan juga peserta didik. Pemanfaatan media pembelajaran adalah menjadi hal yang penting untuk menunjang pendidik dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan tersebut meliputi:
1) pemanfaatan semaksimal mungkin untuk mendukung kemajuan dan tujuan pembelajaran.
2) pemanfaatan seakurat mungkin demi ketepatan pada proses pembelajaran.
3) pemanfaatan sebijak mungkin demi kemajuan pembelajaran yang komprehensif (bersifat menyeluruh).

1. Pemanfaatan semaksimal mungkin demi mendukung kemajuan dan tujuan pembelajaran.
Pendidik mendampingi para peserta didik untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin kecanggihan media pembelajaran yang tersedia. Dengan adanya pendidik maka peserta didik dapat diarahkan untuk dapat semaksimal mungkin menggunakan media pembelajaran yang ada. Sebaliknya sang pendidikpun harus juga dapat memanfaatkan semaksimal mungkin media pembelajaran yang ada supaya dapat menunjang kemajuan dan tujuan pembelajaran. Pemanfaatan secara maksimal tentang canggihnya media pembelajaran dengan demikian mencakup baik oleh pendidik dan peserta didik.

2. Pemanfaatan seakurat mungkin demi ketepatan pada proses pembelajaran.
Selain pemanfaaan semaksimal mungkin baik oleh pendidik dan peserta didik, maka sangatlah perlu juga pemanfaatan media pembelajaran seakurat mungkin demi ketepatan pada proses pembelajaran. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran harus dapat digunakan tepat guna dan tepat sasaran. Hal ini mengingat bahwa semakin canggih media pembelajaran yang ada akan semakin berpotensi untuk dipakai tidak secara akurat atau tepat guna dan tepat sasaran. Misalnya kecanggihan komputer dengan berbagai variasinya (notebook, netbook, UMPC, ultrabook), tablet, dan gadget lainnya yang diintegrasikan dengan mobile internet jika tidak dimanfaatkan secara akurat justru akan menghambat tercapaiya kemajuan dan proses pembelajaran.
Canggihnya media pembelajaran seharusnya bersifat konstruktif (membangun) bukan destruktif (menghancurkan) bagi para peserta didik. Kegunaan yang konstruktif ini hanya bisa dicapai ketika sang pendidik dapat mengarahkan dan menggunakan secara akurat. Peserta didik masih sangat memerlukan arahan penggunaan dan pemanfaatan ragam media pembelajaran yang ada oleh para pendidik demi ketepatan pada proses pembelajaran yang akhirnya menunjang kemajuan.

3. Pemanfaatan sebijak mungkin demi kemajuan pembelajaran yang komprehensif.
Pendidik dan peserta didik harus dapat memanfaatkan canggihnya media pembelajaran yang ada sebijak mungkin, dalam arti dapat digunakan dan dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin demi mencapai kemajuan pembelajaran yang komprehensif. Dengan pemanfaatan yang bijak maka hal-hal yang utama akan benar-benar sebagai hal-hal yang utama. Pembelajaran akan menjadi efektif dan efisien yang bisa menghemat baik dana dan alokasi waktu.
Kemajuan pembelajaran secara menyeluruh akan dapat tercapai saat pendidik dan peserta didik dapat memanfaatkan dengan bijaksana bahan ajar dan media pembelajaran yang tersedia. Dalam upaya mencapai kemajuan pembelajaran yang menyeluruh maka peran pendidik sangatlah vital, dimana pendidik harus bisa dengan bijak mengajar dan mendidik dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan kemajuan pembelajaran secara menyeluruh atau komprehensif tersebut?
Kemajuan pembelajaran secara komprehensif atau menyeluruh artinya kemajuan yang dicapai peserta didik yang sifatnya keemajuan secara menyeluruh yang meliputi bukan hanya aspek akademik namun juga aspek-aspek yang lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Pendidik sangat berperan untuk dapat mengantar peserta didik mencapai kemajuan pembelajaran secara komprehensif.

C. Perlunya Kombinasi Antara Pendidik dan Media Pembelajaran

Sudah dipaparkan sebelumnya bahwa pendidik masih sangat diperlukan peranannya di tengah canggihnya media pembelajaran, dan hal ini mengantar pada pemanfaatan-pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian harus ada kombinasi sinergis antara pendidik dan media pembelajaran. Seperti dua sisi dari sebuah mata uang logam, semua sama-sama penting yang mana yang satu tidak bisa meniadakan yang lain demikianlah kombinasi sinergis antara pendidik dan media pembelajaran.
Ketika pendidik dan media pembelajaran yang semakin canggih dapat dikombinasikan maka hal tersebut akan:
1) mendukung tingkat kemajuan peserta didik.
2) menjadi daya ungkit (laverage) bagi tercapainya tujuan pembelajaran.
3) menciptakan momentum demi kemajuan yang lebih besar pada tingkat yang lebih tinggi.
Semua upaya untuk kemajuan dan mencapai tujuan pendidikan akan dapat dilaksanakan secara proporsional ketika ada kombinasi sinergis antara pendidik dan canggihnya media pembelajaran.

Penutup

Di tengah pesatnya evolusi tehnologi yang sangat mempengaruhi semua bidang kehidupan termasuk di dalamnya bidang pendidikan maka tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan-kemajuan yang pesat tersebut akan membentuk atau menata ulang proses pembelajaran. Dari segi inilah maka peranan pendidik memegang kunci yang sangat vital demi pencapaian kemajuan dan tujuan pembelajaran.
Oleh karena masih diperlukannya peranan pendidik di tengah canggihnya media pembelajaran maka para pendidik haruslah dapat memanfaatkan dan menggunakan canggihnya media pembelajaran secara maksimal, akurat, dan bijak. Hal ini jelas menunjukkan adanya kebutuhan untuk mengkombinasi secara sinergis antar pendidik dan media pembelajaran yang tersedia utuk mencapai kemajuan pembelajaran secara menyeluruh dan mencapai tujuan pembelajaran.

Categories: Tak Berkategori
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: